Selasa, 08 Januari 2013

Memikul Kuk

Saudaraku..Apakah  anda pernah mendengar kata  "kuk" dalam alkitab anda??Apakah anda memahami arti "kuk" itu???
"Kuk"  hanya terdiri dari 3 huruf yaitu K,U,dan K..Tapi akan sangat berarti  bagi saudara dan saya.Karena kata "KUK" mengandung  hakikat kita sebagai orang yang percaya. 
Kuk adalah palang kayu dengan jepitan vertikal yang memisahkan kedua binatang penarik sehingga bersama-sama dapat menarik beban berat.  Kuk, di dalam Alkitab dipakai untuk menggambarkan sebuah kesukaran hidup sebuah bangsa atau ketaatan paksa. Hal ini terdapat dalam Kitab Yeremia 27 ayat 2 yang mengatakan "Yeremia memakai kuk pada lehernya sebagai lambang beritanya bahwa Kerajaan Yehuda akan tunduk kepada Kerajaan Babel.Selain itu juga , Yesus berbicara :

"Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan ( Matius 11 : 29-30 )"
Saudaraku,terkadang kita merasa memiliki beban berat,bahkan kita merasa terlalu berat untuk menanggungnya.Kita seringkali lupa bahwa ada satu Pribadi yang akan selalu menolong dan memberikan jalan keluar.
Saudaraku..Tuhan memang memperkenankan kita,sebagai anak-anak Tuhan untuk mengalami pencobaan..Atau senantiasa memikul "kuk" yang dipasangkan-Nya kepada orang-orang yang percaya..Supaya kita belajar dari pencobaan - pencobaan itu..sehingga semakin didewasakan iman kita oleh pencobaan - pencobaan itu.
Hadapilah pencobaan itu dengan kelemah lembutan dan kerendahhatian..Janganlah menghadapinya dengan 'AMARAH',karena Tuhan Yesus tidak mengajarkan demikian..Dan apabila kita bisa menghadapinya dengan tenang,maka setelah itu kita bisa semakin "dewasa rohani" setelah melaluinya.
Dan yang terakhir adalah datang pada-Nya..Maka niscaya Dia akan meringankan beban anda..Sebab kuk yang kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan (Mat 11:30).
Tuhan Yesus memberkati saudara dan saya.Darah-Nya membasuh dosa kita dan memberikan kelegaan.
Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar