Senin, 20 Mei 2013

Antara Mas,Pak,Pak Le'k,Bu Le'k,dan Mbah

Mungkin aneh mendengar judul ini..Maksute' pak Drajat apa seehh??Gini..Sekarang saya tinggal di kota Palu-Sulawesi Tengah..Ada yang aneh di sini..mulai dari anak - anak..remaja..orang dewasa..bapak - bapak..sampai kakek - kakek dipanggil "MAS"..kalau perempuan dipanggil "MBAK",walaupun sudah nenek - nenek..ckckck...Kalo anda orang jawa "ASLI" pasti sebel..

Nah..untuk orang palu dan sekitarnya,neh..Saya mau luruskan pemahaman saudara

Berikut perbedaan antara "mas" dan panggilan yang lain..Supaya apabila suatu saat nanti pergi ke jawa..tidak manggil kakek - kakek dengan "mas"..karena kalau anda lakukan,anda pasti dikaplok alias ditampar..

1.Mas / Mbak

Mas / Mbak itu artinya "panggilan kepada kakak laki-laki / perempuan".Biasa dipakai juga untuk memanggil kakak teman - teman kita..Atau jika anda bertemu dengan orang yang usianya sebaya dengan kakak anda.Nah kalau anda memanggil bapak - bapak..atau yang seusia bapak anda dengan sebutan "mas" ..so pasti kamu akan ditampar..karena dianggap nggak sopan.

2.Pak / Bapak

Pak / Bapak , biasa digunakan untuk memanggil bapak kandung kita atau orang lain yang sebaya dengan bapak kita..Selain itu,kata "pak" digunakan untuk memanggil orang lain yang sudah menikah..Saya masih ingat,ketika saya dimarah ibuku sewaktu saya memanggil tetangga yang sudah mmenikah dengan sebutan "mas"..

3.Pak De / Bu De

Pak De digunakan untuk memanggil kakak laki - laki bapak / ibu kita.Sedangkan Bu De digunakan untuk memanggil kakak perempuan bapak / ibu kita.Kata ini juga digunakan untuk memanggil laki - laki atau perempuan yang lebih tua dari bapak / ibu kita.

4.Pak Le'k / Bu Le'k


Pak Le'k digunakan untuk memanggil adik  laki - laki bapak / ibu kita.Sedangkan Bu Le'k digunakan untuk memanggil adik  perempuan bapak / ibu kita.Kata ini juga digunakan untuk memanggil laki - laki atau perempuan yang lebih muda dari bapak / ibu kita,tapi lebih tua dari kakak kita atau sudah menikah dan mempunyai anak.

5.Mbah

Mbah digunakan untuk memanggil kakek / nenek kita.Kata ini juga digunakan untuk memanggil laki - laki atau perempuan yang seusia dengan kakek / nenek kita.Ingat Mbah bukan Mbak..

Itu sekedar pengetahuan bagi anda,khususnya yang berada di seputaran Sulawesi Tengah.Karena saya pernah dengar kakek - kakek yang jadi tukang parkir di pasar biromaru dipanggil dengan sebutan "mas".....hdddhhhh...

Semoga bermanfaat dan mampu meluruskan kesalahpahaman selama ini.
Tuhan Yesus memberkati.


2 komentar: