Jumat, 17 Januari 2014

Tips Menurunkan Panas Pada Anak

Satrio panas!!sempat mau kejang lagi!!
Seperti biasa..karena panik..istriku langsung mengambil handuk basah dan mengompresnya..Biasanya anda juga melakukannya,bukan??Jika anak anda panas tinggi..Sebagian orang pasti menggunakan cara yang sama dengan istriku..Bahkan,malah ada yang menggunakan es untuk mengompres anak panas tinggi. Tapi,setelah saya browsing - browsing ternyata ini adalah cara yang salah.Karena jika kita menggunakan air dingin atau air es untuk menurunkan panas tinggi sang anak, maka otak sang anak akan terkejut dalam merespon hal tersebut karena adanya perubahan suhu yang terlalu drastis. Selain itu pendinginan secara singkat tersebut hanya berefek pada bagian kulit luar saja sedangkan bagian dalam tidak akibatnya tidak lama kemudian suhu panas anak akan meningkat kembali.

Seharusnya adalah dengan menggunakan air hangat untuk mengompres anak yang panas tinggi. Hal ini dikarenakan apabila di cuaca dingin biasanya tubuh kita akan lebih hangat sebagai bentuk pertahanan diri, sedangkan sebaliknya dalam cuaca panas maka tubuh kita akan menurunkan suhunya sebagai bentuk pertahanan. Oleh sebab itu untuk menurunkan panas tinggi pada anak bisa kita atasi dengan memanipulasi pembacaan otak melalui cuaca buatan menggunakan air hangat.

Namun setelah itu..Juga harus dibarengi denganpemberian obat anti panas seperti:paracetamol atau semacamnya seperti : sanmol,dll..Jika masih tidak turun-turun panasnya..Tambahkan obat antibiotik,mulai dari yang palin rendah dulu seperti amoxicillin atau amoxsan (bermerk)..Dan jika tidak membaik juga,ganti obat penurun panasnya dengan ibuprofen (generik) atau proris,atau juga bufect (bermerk).

Demikian sedikit tips dari saya untuk menurunkan panas pada anak.Sesuai dengan pengalaman pribadi dan berbagai literatur.Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar