Rabu, 27 Maret 2013

Tips Memilih Obat Alergi

Beberapa waktu lalu anak dari seorang sahabatku..atau lebih tepatnya kepala sekolahnya Eva ( eva itu anakku.red ) terkena alergi kakinya..sampai - sampai tidak bisa jalan.

Perlu saudara ketahui,bahwa alergi ini tidak terjadi begitu saja tetapi ada penyebabnya atau pemicunya yang sering disebut dengan alergen.Alergen inilah yang menyebabkan penglepasan histamin secara signifikan dalam tubuh manusia,sehingga terjadilah reaksi alergi.

Nah,oleh karena itu obat alergi biasa disebut antihistamin..yang kerjanya tentu saja adalah menghambat terjadinya pelepasan histamin dalam tubuh..kalau di film - film kartun anggaplah histamin ini sebagai penjahatnya,dan antihistamin sebagai super heronya .

berikut beberapa macam obat antihistamin :

  • Asma yang bersifat alergi: tiazinamium dan deptropin ( Brontine )
  • Sengatan serangga: injeksi adrenalin i.m. atau hidrokortison i.v
  • Urticaria ( kaligata ): alimemazin , azatadin dan oksatomida
  • Batuk alergi: prometazin dan difenhidramin serta derivat - derivatnya
  • Parkinson: difenhidramin dan turunan 4-metil nya...


Demikian beberapa obat antihistamin untuk beberapa jenis  alergi.Akan tetapi, ada satu hal yang perlu diingat bahwa pemilihan antihistamin hendaknya secara individual  tergantung dari efeknya .Ada kalanya terjadi tachyfilaxis ( berkurangnya respon obat ),sehingga obat harus diganti dengan obat lain dari golongan yang berlainan.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar